• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS FROZEN EDAMAME DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) PADA PT MITRATANI DUA TUJUH

    Thumbnail
    View/Open
    Joshua Yordanio - 110810201123.pdf (2.206Mb)
    Date
    2015-12-03
    Author
    Yordanio, Joshua
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas suatu produk adalah keadaan dari suatu produk yang menunjukkan kemampuan produk tersebut didalam menjalankan fungsi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kualitas produk edamame dalam negeri sangat digemari pasar ekspor, khususnya pada pasar jepang. Pasar edamame saat ini terbuka lebar, bayangkan, setiap tahunnya, pasar Jepang butuh pasokan sedikitnya 100 ribu ton. Dari jumlah tersebut, sekitar 70 ribu ton dipasok dari sejumlah negara seperti China, Taiwan, dan Thailand. PT Mitratani yang merupakan satu-satunya produsen edamame di Indonesia ini baru mampu memasok 4,48% dari kebutuhan pasar di sana, yaitu hanya sebesar ± 4.000 ton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan faktor yang menjadi penyebab kecacatan atau kerusakan produk Frozen Edamame yang dihasilkan oleh PT Mitratani Dua Tujuh. Metode penelitian dalam penyusunan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini diambil dari data jumlah produksi edamame dan data jumlah produksi edamame yang rusak / cacat pada bulan juni 2014 hingga mei 2015. Dalam penelitian ini, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang terdapat pada Statistical Process Control (SPC) dan dalam menganalisa data penelitian menggunakan peta kendali P (P – chart). Berdasarkan hasil peta kendali p (P-chart) dapat dilihat bahwa ternyata kualitas produk edamame berada diluar batas kendali yang seharusnya. Hal ini merupakan indikasi bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Rata – rata kerusakan edamame sebesar 52% perbulan. Jenis kerusakan yang sering terjadi adalah polong pada edamame sebesar 1610 ton pada bulan juni 2014 hingga mei 2015. Dari hasil observasi lapangan dan wawancara, faktor – faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada edamame adalah faktor manusia, mesin, lingkungan dan metode kerja.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66194
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12420]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository