Strategi Pengembangan Usaha Pada CV Wiramitra Kabupaten Sidoarjo;
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berjalan cukup
pesat. Peranan TIK sangat penting bagi manusia dan tidak dapat dihindarkan lagi
dalam semua sektor terutama dalam bidang bisnis. Peluang bisnis yang
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi adalah bisnis jasa berbasis server.
Bisnis server merupakan sebuah bisnis yang menggunakan komputer yang berfungsi
untuk melayani, membatasi, dan mengontrol. Sebuah bisnis tentunya menginginkan
usahanya mengalami perkembangan, berkembangnya bisnis sangat erat kaitannya
dengan strategi. Strategi yang dijalankan harus sesuai dengan apa yang menjadi
permasalahan krusial dari perusahaan. Salah satu perusahaan berbasis server yang
menginginkan perusahaannya mengalami perkembangan adalah CV Wiramitra
Kabupaten Sidoarjo, yang dijadikan sebagai tempat penelitian, karena perusahaan ini
bisa dikatakan sebagai perusahaan baru yang memiliki banyak pesaing bisnis yang
sejenis. Perusahaan ini harus mampu untuk bertahan dan mengembangkan usahanya
sehingga dapat besaing dengan perusahaan lain.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
strategi pengembangan usaha yang dilakukan pada CV Wiramitra Kabupaten
Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan
metode purposive area yang dilaksanakan di CV Wiramitra Kabupaten Sidoarjo.
Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa CV Wiramitra Kabupaten
Sidoarjo menerapkan strategi pengembangan usaha. Adapun strategi pengembangan
viii
usaha yang dilakukan oleh CV Wiramitra adalah pengembangan produk, penetrasi
pasar, serta pengembangan pasar.
Pengembangan produk dalam CV Wiramitra dikenal dengan sebutan bisnis
“TOP” (Tour and travel, Online Payment serta Payment Point). Penetrasi pasar
dilakukan CV Wiramitra melalui beberapa kegiatan diantaranya seminar maupun
workshop kewirausahaan yang dilakukan sendiri oleh pemilik CV Wiramitra untuk
memperkenalkan produk serta mengajak agen untuk segera bergabung di daerah
sekitar Sidoarjo. Selain itu, promosi dilakukan melalui internet seperti web, OLX,
forum kaskus, forum djawir, facebook, twitter, youtube, blog, weboxi, dsb.
Pengembangan pasar juga dilakukan oleh CV Wiramitra dengan melakukan beberapa
perluasan pasar diantaranya, terminal server, H2H (Host to host), server bisnis 33
propinsi. Dengan adanya strategi pengembangan usaha yang dilakukan maka pasar
yang yang dikuasai oleh CV Wiramitra semakin meluas dengan diikuti konsumen
yang terus bertambah, omset yang diperoleh meningkat, serta konsumen merasa puas
menggunakan layanan dari CV Wiramitra.