• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PAKET TES KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA BERDASARKAN SOAL PISA KONTEN QUANTITY PADA SISWA KELAS VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    110210101050_Faijatul Ma’rifah.pdf (6.414Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Ma’rifah, Faijatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan syarat menyelesaikan permasalahan baik permasalahan dalam dunia pendidikan atau dalam kehidupan masyarakat dulu, sekarang dan masa yang akan datang. Hal tersebut disebabkan fondasi dari pelajaran matematika adalah penalaran. Bila kemampuan bernalar baik maka akan didapatkan penyelesaiaan yang baik pula. Penalaran tidak hanya dibutuhkan para siswa dalam belajar matematika maupun pelajaran lainnya, tetapi sangat dibutuhkan setiap manusia disaat memecahkan masalah maupun disaat menentukan keputusan. Kemampuan penalaran matematika dapat diukur melalui tes, baik tes tertulis maupun tes tidak tertulis. Namun kenyataannya di Indonesia belum banyak berkembang soal-soal untuk mengukur kemampuan penalaran matematika siswa. Pada ujian nasional, soal yang diberikan kepada siswa dalam bentuk pilihan ganda, sehingga dengan cara menebak siswa mampu menjawab. Hal itu menyebabkan kurangnya kreatifitas dan daya nalar siswa. Berkaitan dengan hal di atas, perlu adanya pengembangan paket tes untuk mengukur kemampuan penalaran tersebut. Paket tes yang dikembangkan dalam penelitian ini mengacu pada soal matematika model PISA konten quantity. Paket tes kemampuan penalaran matematika berdasarkan soal model PISA ini dikembangkan berdasarkan pengembangan formative research yang terdiri atas 3 tahapan (self evaluation, prototyping, field test). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil paket tes. Kegiatan pengambilan data dilaksanakan pada 20-25 April 2015.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65923
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository