PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 2 DI SMA NEGERI 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Pembelajaran sejarah di sekolah selama ini kurang melibatkan peserta didik
secara aktif dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tidak mampu mengasah
kemampuan berpikir kritis. Peserta didik cenderung pasif selama proses
pembelajaran. Penerapan model Brain Based Learning (BBL) menjadikan peserta
didik siap dan berkonsentrasi penuh dalam pembelajaran. Brain Based Learning juga
menjadikan peserta didik terlibat aktif secara langsung dalam pembelajaran. Peserta
didik dituntut belajar dengan kebermaknaan melalui penggunaan otak dalam
mengidentifikasi dan menganalisis materi dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan
brain based learning dalam mata pelajaran sejarah Indonesia dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Bondowoso;
(2) Bagaimanakah penerapan brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar
mata pelajaran sejarah Indonesia peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2
Bondowoso.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji peningkatan kemampuan
berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Bondowoso melalui
penerapan brain-based learning dalam mata pelajaran sejarah Indonesia; (2) Untuk
mengkaji peningkatan hasil belajar mata pelajaran sejarah Indonesia pada peserta
didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Bondowoso melalui penerapan brain-based
learning.