Peran Motivasi Belajar dalam Memediasi Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar (Studi pada Siswa Kelas 3 SMK Wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Motivasi Belajar dalam Memediasi
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi
Belajar (Studi pada Siswa Kelas 3 SMK Wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten
Jember)”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
peran motivasi belajar dalam memediasi pengaruh kecerdasan emosional dan
kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMK wilayah
Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas 3 SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember yang terdiri
dari 3 sekolah yaitu SMKN 6 Jember, SMK PGRI 3 Tanggul dan SMK PGRI 4
Tanggul yang berjumlah 795. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian
ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 119 siswa
yang dialokasikan secara proporsional. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 4
variabel, antara lain: kecerdasan emosional (X1), kecerdasan spiritual (X2),
motivasi belajar (Z) dan prestasi belajar (Y). Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kecerdasan
emosional memiliki peran penting dan berpengaruh signifikan terhadap motivasi
belajar siswa SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember sebesar
40,2%; 2) kecerdasan spiritual memiliki peran penting dan berpengaruh signifikan
terhadap motivasi belajar siswa SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten
Jember sebesar 25,2%; 3) kecerdasan emosional memiliki peran penting dan
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK wilayah Kecamatan
Tanggul Kabupaten Jember sebesar 40,8%; 4) kecerdasan spiritual memiliki peran
penting dan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK wilayah
Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember sebesar 23,1%; 5) motivasi belajar
memiliki peran penting dan berpengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar
siswa SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember sebesar 42,6%.