Literasi Finansial pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember
Abstract
Literasi finansial merupakan pengetahuan, sikap dan implementasi seseorang dalam mengelola keuangan. Pengetahuan tersebut bisa diperoleh dari beberapa faktor pendidikan seperti pendidikan formal, pendidikan informal, dan pendidikan nonformal. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki seseorang diharapkan dapat menjadikan kesejahteraan dalam pengelolaan keuangan. Kenyataan yang terjadi saat ini terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa masih ada pengelolaan keuangan yang masih belum sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, literasi finansial dibutuhkan agar pengelolaan keuangan sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah penerapan literasi finansial pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ berdasarkan faktor-faktor pendidikan yang meliputi pendidikan formal (tingkatan mahasiswa dan IPK), pendidikan informal (lingkungan keluarga dan teman sebaya) dan pendidikan nonformal (seminar dan organisasi intra/ekstra) sehingga dapat diperoleh gambaran yang jelas dan informasi yang benar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis deskriptif yang berangkat dari fenomena yang terjadi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari informan. Metode pengumpulan yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ pada umunya telah memiliki pemahaman yang cukup baik dari pengetahuan formal. Mahasiswa juga memeroleh pengetahuan dari pendidikan informal dan pendidikan nonformal. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi masih kurang memiliki kesadaran terhadap organisasi dan untuk implementasi dari pengetahuan yang dimiliki sudah cukup baik. Mahasiswa sudah bisa mengelola keuangan dengan baik sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Namun, mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ masih sedikit yang memiliki investasi dan hanya sebagian kecil yang menganggarkan untuk infaq/shodaqoh.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ tergolong baik. Mahasiswa sebagian besar telah memiliki pemahaman mengenai pengetahuan yang diperolehnya baik dari pendidikan formal, informal dan pendidikan nonformal. Mahasiswa pada umumnya telah mampu mengimplementasikan pengetahuan tersebut dan memiliki sikap yang baik dalam mengelola keuangan dalam kehidupan sehari-hari.