Analisis Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Penjuan Pada PT. Mayangsari Berlian Motor Jember
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan
Pada PT. Mayangsari Berlian Motor Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan
untuk menganalisis pengaruh periklanan, personal selling dan promosi penjualan
terhadap penjualan pada PT. Mayang Sari Berlian Motor Jember. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh data yang meliputi biaya promosi. Metode sampling
yang digunakan adalah data perkembangan biaya dan penjualan selama 8 tahun
periode. Variabel digunakan yaitu sebanyak 3 variabel. Alat analisis yang
digunakan adalah Analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : 1) Periklanan berpengaruh terhadap penjualan mobil di PT Mayangsari
Berlian Motor dengan arah positif. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya
biaya periklanan yang relatif besar dalam menginformasikan produk yang
ditawarkan maka akan meningkatkan penjualan. 2) Personal selling berpengaruh
terhadap penjualan mobil di PT Mayangsari Berlian Motor dengan arah positif.
Hal ini membuktikan bahwa adanya biaya personal selling yang sesuai dengan
kemampuan kerja karyawannya akan meningkatkan penjualan; 3) Promosi
penjualan berpengaruh terhadap penjualan penjualan mobil di PT Mayangsari
Berlian Motor dengan arah positif. Hal ini membuktikan bahwa adanya biaya
promosi penjualan sebagai pelayanan pasca beli akan meningkatkan penjualan.