Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di TPA Mutiara Hati Di Desa Tegalarum Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Data awal yang diperoleh dari TPA Mutiara Hati menunjukkan bahwa rendahnya pendidikan orang tua berpengaruh terhadap pola asuh anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah hubungan antara pola asuh orang tua dengan pendidikan karakter anak usia dini di TPA Mutiara Hati di desa Tegal Arum kecamatan Sempu kabupaten Banyuwangi ? dan Seberapa besar hubungan antara pola asuh orang tua dengan pendidikan karakter anak usia dini di TPA Mutiara Hati di desa Tegal Arum kecamatan Sempu kabupaten Banyuwangi ?” Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan pendidikan karakter anak usia dini di TPA Mutiara Hati di desa Tegal Arum kecamatan Sempu kabupaten Banyuwangi dan Untuk mengetahui besarnya hubungan antara pola asuh orang tua dengan pendidikan karakter anak usia dini di TPA Mutiara Hati di desa Tegal Arum kecamatan Sempu kabupaten Banyuwangi”. Manfaat penelitian ini yaitu untuk memaparkan hasil penelitian yang akan dicapai baik untuk kepentingan pribadi, institusi, maupun masyarakat.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan daerah penelitiannya menggunakan teknik purposive area dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 10 anak yang diambil dengan teknik populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, metode angket, observasi dan dokumentasi, dengan analisis datanya menggunakan Korelasi Tata Jenjang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di TPA Mutiara Hati diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan pendidikan karakter anak usia dini dan besar hubungannya sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil rhohitung adalah 0.863 dan hasil dari rhotabel 9
adalah 0.648 dengan taraf signifikansi 5 % maka rhohitung lebih besar daripada rhotabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hubungan antara indikator pola asuh otoriter dengan sikap disiplin adalah sebesar 0.921 dengan kriteria sangat tinggi.
Hubungan antara indikator pola asuh otoriter dengan sikap jujur adalah sebesar 0.688 dengan kriteria tinggi. Kemudian untuk hubungan tiap indikatornya diperoleh: hubungan antara indikator pola asuh otoriter dengan sikap mandiri adalah sebesar 0.503 dengan kriteria cukup tinggi, hubungan antara indikator pola asuh permisif dengan sikap disiplin adalah sebesar 0.921 dengan kriteria sangat tinggi, hubungan antara indikator pola asuh permisif dengan sikap jujur adalah sebesar 0.688 dengan kriteria tinggi, hubungan antara indikator pola asuh permisif dengan sikap mandiri adalah sebesar 0.503 dengan kriteria cukup tinggi, hubungan antara indikator pola asuh demokratis dengan sikap disiplin adalah sebesar 0.952 dengan kriteria sangat tinggi, hubungan antara indikator pola asuh demokratis dengan sikap jujur adalah sebesar 0.755 dengan kriteria tinggi, hubungan antara indikator pola asuh demokratis dengan sikap disiplin adalah sebesar 0.582 dengan kriteria cukup tinggi.
Kesimpulan dalam penelitian ini“Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan pendidikan karakter anak usia dini di TPA Mutiara Hati di desa Tegal Arum kecamatan Sempu kabupaten Banyuwangi dan Besar hubungan antara pola asuh orang tua dengan pendidikan karakter anak usia dini di TPA Mutiara Hati di desa Tegal Arum kecamatan Sempu kabupaten Banyuwangi adalah sangat tinggi”. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini yaitu orang tua dapat memperbaiki kekurangan terkait pola asuh dan pendidikan karakter terhadap anak.