PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SD NEGERI JEMBER LOR 02 PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN PENAMPAKAN PADA BUMI DAN BENDA LANGIT TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Dalam teori pembelajaran kognitif, model belajar pemrosesan informasi,
selama kegiatan pembelajaran terdapat stimulus yang berupa materi pembelajaran
yang akan masuk ke dalam sistem ingatan untuk periode waktu terbatas. Untuk
bisa disimpan dalam ingatan jangka panjang, pemrosesan informasi harus disertai
dengan proses pengendalian pelaksanaan, seperti tindakan pengulangan dan
pembiasaan. Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan
pembelajaran terutama dalam tahap pemrosesan informasi dan proses
pengendalian pelaksanaan. Dalam mata pelajaran IPA, terdapat materi yang
banyak memiliki istilah-istilah asing yang masih jarang didengar oleh siswa usia
SD. Untuk dapat mempelajarinya dengan mudah guru dapat memanfaatkan
penggunaan media yang dapat membantu siswa dalam mengolah informasi,
terutama dalam kegiatan pengulangan dan pembiasaan.
Permasalahan dalam pembelajaran IPA tersebut dapat diatasi dengan
penggunaan media Crossword puzzle sehingga rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
B melalui penggunaan media Crossword puzzle dalam pembelajaran IPA pokok
bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit di SD Negeri
Jember Lor 02 tahun ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B melalui
penggunaan media Crossword puzzle dalam pembelajaran IPA pokok bahasan
Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit di SD Negeri Jember Lor
02 tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 02 pada siswa kelas
IV B sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa
ix
perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran
IPA menggunakan media Crossword puzzle mengalami peningkatan. Persentase
aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 73%, dan pada siklus
II mencapai persentase 84%. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 11% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian,
hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan media Crossword
puzzle mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar
51,67 dan pada siklus II sebesar 84,33, sehingga peningkatannya sebesar 32,66.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA menggunakan
media Crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
pokok bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit di SD
Negeri Jember Lor 02 tahun ajaran 2014/2015. Adapun saran yang dapat
diberikan peneliti adalah media pembelajaran Crossword puzzle dapat dijadikan
sebagai salah satu alternatif media dan variasi dalam pembelajaran IPA agar siswa
aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.