• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    110210204034_Dea Suresna Puspita_may.pdf (5.450Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Puspita, Dea Suresna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus diajarkan dan dikuasi oleh siswa karena melalui berbicara dapat memberikan informasi kepada pendengar. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember diketahui bahwa kemampuan berbicara pada siswa kelas V masih rendah. Rendahnya kemampuan berbicara disebabkan kurang adanya stimulus dari guru sehingga siswa cenderung pasif, siswa masih kurang berani dan takut salah bila berbicara di depan kelas Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dirasa cocok dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dengan menggunakan model ini dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan pendapat, menstimulus siswa lebih aktif dan berani dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan mengomentari persoalan faktual yang dialami terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember dan 2) bagaimanakah kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan bahasan mengomentari persoalan faktual yang dialami setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model x pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan mengomentari persoalan faktual yang dialami terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember dan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan bahasan mengomentari persoalan faktual yang dialami dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian eksperimen dengan desain only post-test control group ini dilaksanakan di kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Subjek dalam penelitian adalah kelas V dengan jumlah 76 siswa yang terdiri dari 38 siswa kelas VA dan 38 siswa kelas VB. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t0 = 1.923, selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga diketahui dan dbd =74 pada taraf signifikansi 5% dihasilkan nilai = 1,993. Berdasarkan nilai = 1,993 dan nilai t0 = 1.834, maka < . Dengan demikian tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas VA dan VB, hal tersebut menunujukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Langkah selanjutnya adalah dilakukan pengundian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil pengundian tersebut adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes. analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember dapat diketahui dari harga thitung = 3.534, selanjutnya harga thitung dikonsultasikan dengan harga diketahui dan dbd =74 pada taraf signifikansi 5% dihasilkan nilai = 1,993. Berdasarkan nilai = 1,993 dan nilai thitung= 3.534, maka thitung > ( 3.534 > 1.993). Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball xi Throwing terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Saran bagi guru, hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam proses pembelajaran untuk dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Selain itu, dengan adanya model pembelajaran yang berbeda dari biasanya, dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan menghindari perasaan bosan siswa terhadap sistem belajar mengajar yang monoton. Bagi siswa, hendaknya senantiasa rajin berlatih dan berusaha meningkatkan kemampuan berbicara seperti apapun model yang digunakan dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan atau referensi terhadap penelitian yang serupa terutama pada penelitian di bidang bahasa untuk kemampuan berbicara terutama aspek non kebahasaan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65086
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository