• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Narasi dengan Menggunakan Media Karikatur Berseri pada Siswa Kelas III SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Kurniasari - 080210204006.pdf (3.439Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Kurniasari, Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan menyusun paragraf siswa kelas III SD Kartika IX-1 Jember rendah. Siswa kesulitan pada saat menentukan kalimat pertama dalam paragraf yang akan disusunnya. Kesulitan lainnya yang dialami siswa dikarenakan siswa lebih banyak menggunakan Bahasa Ibu (Bahasa Madura) dari pada Bahasa Indonesia sehingga diksi dan kosakata yang dimiliki terbatas. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berupa karikatur berseri. Media karikatur berseri digunakan dalam penilitian ini dikarenakan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Pemilihan tokoh Upin-Ipin dikarenakan dalam kesehariannya siswa selalu menonton tokoh ini sehingga alur ceritanya terekam di otak dan mempermudah siswa dalam menyusun paragraf. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah proses penggunaan media karikatur berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014? dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menyusun paragraf narasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 setelah diterapkan media karikatur berseri? Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penggunaan media karikatur berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 setelah diterapkan media karikatur berseri. xii Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Kartika IX-1 Jember dengan subjek penelitian siswa kelas III tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 28 orang. Desain penelitian menggunakan skema penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Proses penggunaan media karikatur berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III SD Kartika IX-1 dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Media karikatur berseri digunakan pada saat kegiatan pembelajaran. Beberapa siswa masih mengalami kesulitan menyusun paragraf pada siklus 1. Oleh karena itu, guru perlu melanjutkan pada siklus 2 sebagai usaha perbaikan kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran siklus 1. Pembelajaran menyusun paragraf menggunakan media karikatur berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Kartika IX-1 menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa di tiap siklusnya. Peningkatan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember setelah diterapkan media karikatur berseri menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada pembelajaran prasiklus diketahui bahwa 10 siswa (35,7%) tidak tuntas dan 18 siswa (64,3%) tuntas. Pada pembelajaran siklus I, 19 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 70,4%. Pada siklus 2, persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 85,2%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karikatur berseri dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III SD Kartika IX-1 Jember. Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menerapkan media karikatur berseri pada pokok bahasan lain agar siswa lebih mudah dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya serta dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya pada umumnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65078
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository