Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Tema Keperluan Sehari-hari Pada Siswa Kelas III Di SDN Mangli 01 Jember
Abstract
Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan. Proses
pendidikan tak dapat dipisahkan dari pembangunan itu sendiri. Pendidikan selalu
mengalami perubahan di manapun dan kapanpun. Ilmu Pengetahuan Sosial
merupakan salah satu pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta,
konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Strategi belajar peta
konsep merupakan cara belajar dengan memperlihatkan konsep-konsep dan
proposisi-proposisi dalam mata pelajaran. Peta konsep menyediakan visual
konkret untuk membantu mengorganisasikan informasi dalam pengalaman
belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan
strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas III dalam mata
pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari di SDN Mangli 01- Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember, dimulai tanggal 3
Februari sampai dengan 9 Februari 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test
control group design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas III-A dengan jumlah
siswa 35 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki, sedangkan
kelas III-B dengan jumlah siswa 35 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 19
siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis
pilihan ganda pada pre-test dan post-test.
Kelas III-A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerakan strategi
belajar peta konsep, sedangkan kelas V-A sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang
menerapkan pembelajaran konvensional dengan ceramah, diskusi dan penugasan.
Uji homogenitas dilakukan sebelum diadakan proses belajar mengajar dengan
ix
menggunakan data hasil Ulangan Tengah Semester. Uji Homogenitas dilakukan
menggunakan program statistik SPSS versi 16.00 dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil uji t diperoleh sebesar 1,208. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan
dengan = 1,9973 dapat diketahui bahwa hasil < (1,208 <
1,9973) sehingga tingkat kemampuan siswa kedua kelas adalah homogen.
Dilakukan uji t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol
berdasarkan nilai selisih antara pre-test dan post-test. Hasil uji statistik
independent test menggunakan program SPSS versi 16.00 diperoleh bahwa hasil
> yaitu 4,878 > 1,9973 sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan
yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan strategi belajar
peta konsep dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan
pembelajaran konvensional.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan
pada penerapan strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran
IPS tema keperluan sehari-hari pada siswa kelas III di SDN Mangli 01 Jember.