Penerapan Teori Bruner pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Jaring-jaring Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 9 Kembiritan Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa khususnya pada pembelajaran matematika di SDN 9 Kembiritan, salah satunya
adalah penerapan metode pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN 9
Kembiritan Banyuwangi, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru kurang
optimal dalam menggunakan metode pembelajaran. Hal ini menyebabkan kurangnya
keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif serta
pemahaman siswa terhadap konsep juga kurang optimal. Pembelajaran matematika
dengan menerapkan teori Bruner, dapat membuat siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri serta
memperoleh pengetahuannya dengan melakukan tahap berpikir anak, sehingga siswa
lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teori Bruner untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Kembiritan
Banyuwangi pokok bahasan jaring-jaring kubus dan balok. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9
Kembiritan Banyuwangi pokok bahasan jaring-jaring kubus dan balok dengan
penerapan teori Bruner.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 9 Kembiritan Banyuwangi dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa yang terdiri atas 6 siswa
laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
ix
Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus, karena untuk menguatkan hasil dari siklus I perlu dilakukan siklus II. Pada
masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan dengan menerapkan teori Bruner
dalam pembelajaran.
Pelaksanaan penerapan teori Bruner dalam pembelajaran matematika pokok
bahasan jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN 9 Kembiritan
berjalan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama
pembelajaran dengan menerapkan teori Bruner mengalami peningkatan. Persentase
aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57,45% dengan kategori cukup
aktif dan pada siklus II sebesar 73,56% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas
siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,11%. Hasil belajar siswa selama
pembelajaran matematika pokok bahasan jaring-jaring kubus dan balok melalui
penerapan teori Bruner juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa
pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus II sebesar 74 sehingga peningkatannya
sebesar 3.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teori Bruner dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran
matematika pokok bahasan jaring-jaring kubus dan balok di SDN 9 Kembiritan
Banyuwangi. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan dapat menerapkan
teori Bruner dalam pembelajaran agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan
menemukan sendiri konsep melalui pembelajaran dengan teori Bruner, sehingga
pembelajaran lebih bermakna serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa.