HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI POS PAUD CATLEYA 62 KABUPATEN JEMBER TAHUN 2015
Abstract
Usia awal lahir sampai dengan memasuki pendidikan dasar merupakan
masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidipan manusia, yang
akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa
tepat untuk meletakkan dasar bagi kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional,
konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama. Sehingga upaya pengembangan
seluruh potensi anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan
anak tercapai secara optimal terutama perkembangan kognitif. Proses
perkembangan kognitif anak berhubungan dengan merangsang seluruh aspek
kecerdasan anak melalui bermain yang terararah , dan merangsang anak untuk
aktif, kreatif, dam terus berpikir dengan menggunakan pengalamannya sendiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan model
pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos
PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember tahun 2015? Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui hubungan model pembelajaran sentra dengan
perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten
Jember tahun 2015. Adapun manfaat penelitian ini sebagai refrensi teoritis bagi
program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan
pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah
POS PAUD Catleya 62 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penentuan
daerah penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik penentuan
x
responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi. Populasinya
adalah kelas B yang berusia 4 - 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 yang berjumlah
13 subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan daftar cek
(Check List) merupakan salah satu instrumen penelitian yang biasanya digunakan
sebagai alat bantu dalam pengumpulan data dengan metode observasi dan
dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui
bahwa terdapat hubungan model pembelajaran sentra dengan perkembangan
kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember tahun
2015. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini diperoleh r hitung sebesar 0,979
nilai tersebut lebih besar dari r tabel yakni sebesar 0,544 untuk N=13 dengan taraf
kepercayaan 95% sebesar 0,914. Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak
sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Sedangkan hasil korelasi tertinggi yang
diperoleh dalam penelitian ini pada model pembelajaran sentra terhadap
klasifikasi dan interpretasi yaitu sebesar 0,979, pada indikator sentra persiapan
anak terhadap perkembangan kognitif sebesar 0,898, pada indikator sentra alam
terhadap perkembangan kognitif sebesar 0,898, pada indikator model
pembelajaran sentra terhadap interpretasi sebesar 0,979, pada indikator pola
interaksi antar anggota keluarga terhadap toleransi sebesar 0,535, pada indikator
model pembelajaran sentra terhadap klasifikassi 0,979.
Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4
– 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember tahun 2015. Saran yang
dapat diberikan oleh peneliti untuk lembaga Pos PAUD Cateleya 62, hendaknya
dapat menambah tenaga profesional dan media pemebelajaran sentra, karena
sumberdaya yang berkualitas akan menunjang maju dan berkembangnya suatu
lembaga serta bermacamnya media yang tersedia membuat anak lebih bervariasi
dalam permainan untuk mengembangkan kemampuan kreativitasnya, dan
senantiasa melakukan evaluasi secara berkala terhadap proses kegiatan belajar dan
bermain di lembaga Pos PAUD Catleya 62.