Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas 5 dalam pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama di SDN Sabrang 03 Jember
Abstract
Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi pembangunan bangsa
dan negara. Tidak dapat dipungkiri bahwa maju tidaknya suatu negara bergantung
pada kondisi pendidikan yang terjadi pada negara tersebut. Langkah maju dalam
dinamika pendidikan nasional yang telah dilakukan Depdiknas salah satunya adalah
diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan paradigma
baru yaitu pembelajaran kontekstual.. Media pembelajaran adalah salah satu faktor
untuk mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan akan meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Pembelajaran akan menjadi aktif dan menyenangkan, peserta didik
akan lebih mudah memahami pembelajaran karena disajikan dalam bentuk yang
menarik dengan menggunakan video pembelajaran
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh yang
signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama siswa kelas 5SDN Sabrang 03
Jember.
Penelitian ini dilakukan di SDN Sabrang 03 Jember sejak tanggal 22 April
sampai tanggal 2 Mei 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu
atau Quasi Eksperimen dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas 5A dan 5B SDN Sabrang 03 Jember. Sebelum
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas
terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil
perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga thitung=-1,579, kemudian harga thitung
tersebut dibandingkan dengan harga dengan = 44 pada taraf signifikansi
ix
5%. Nilaidengan = 44 memiliki harga 2,015. Hasil tersebut membuktikan
bahwa thitung< yang berarti 1,579 < 2,015 kemampuan awal siswa sebelum
diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan
kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas 5A sebagai kelas kontrol dan
kelas 5B sebagai kelas eksperimen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan
data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan posttest
yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan
rumus uji-t diperoleh = 3.700, harga ini kemudian dibandingkan dengan
dengan db = 44 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh= 2,015.
Diperoleh >(3.700 > 2,015), dengan demikian hipotesis nihil ()
yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual
terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama
siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang
berbunyi ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama siswa kelas 5
SDN Sabrang 03 Jember diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran
PKn pokok bahasan keputusan bersama siswa kelas 5 di SDN Sabrang 03 Jember.
Penggunaan media pembelajaran ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang
tepat pada kurikulum KTSP sehingga dapat digunakan oleh guru di Sekolah Dasar
dengan menyesuaikan kompetensi yang akan diajarkan sehingga tujuan pembelajaran
tersebut tercapai serta dapat memberikan wawasan, masukan dan bahan pertimbangan
dalam penelitian selanjutnya.