Literasi Finansial pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan literasi finansial pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ berdasarkan faktor-faktor pendidikan yang meliputi pendidikan formal (tingkatan mahasiswa dan IPK), pendidikan Informal (lingkungan keluarga dan teman sebaya) dan pendidikan nonformal (seminar dan organisasi intra/ekstra). Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan metode wawancara terstruktur. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ dengan jumlah informan 30 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan keuangan dari faktor pendidikan formal sudah sangat baik; 2) Faktor pendidikan informal yang berupa pendidikan dari orangtua dan teman sebaya memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap pengelolaan keuangan dan yang paling dominan yaitu pendidikan dari orangtua; 3) Pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan keuangan dari faktor pendidikan nonformal lebih dominan diperoleh dari kegiatan seminar daripada kegiatan organisasi; 4) Penerapan literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ sudah sangat baik dalam pengelolaan keuangan untuk konsumsi dan tabungan, tapi penerapan literasi finansial masih kurang dalam pengelolaan keuangan untuk investasi dan infaq/shodaqoh.