Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Keputusan Bersama di SDN Umbulrejo 01 Jember
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Umbulrejo 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran Word Square agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Keputusan Bersama di SDN Umbulrejo 01 Jember. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa cukup aktif dan hasil belajar siswa cukup baik pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor aktivitas belajar siswa siklus I 77,5 (kategori aktif), mengalami peningkatan 14,7 pada siklus II menjadi 92,2 (kategori sangat aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 73,3 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 81,4 (kategori sangat baik).
Collections
- SRA-Education [1352]