• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Di SDN Sumberejo 03 Ambulu-Jember

    Thumbnail
    View/Open
    VIVI PUJI LESTARI.pdf (285.1Kb)
    Date
    2015
    Author
    Vivi Puji Lestari
    Misno A. Latif
    Nanik Yuliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model cooperative learning tipe STAD dibentuk kelompok di mana satu sama lain akan saling membatu untuk menguasai materi yang diberikan oleh guru. Siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif yang signifikan model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Sumberejo 03. Jenis penelitian ini penelitian eksperimental. Desain penelitian ini non equivalent control group. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 berjumlah 56 siswa. Kelas IVA sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data digunakan metode tes dan dokumentasi. Uji homogenitas diperoleh dari nilai UTS IPS semester genap . Kondisi dari kedua kelas dinyatakan homogen dengan nilai t0<ttabel (0,241<2,0063) dengan db =54 pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data digunakan uji ttest sampel terpisah. Hasil uji ttest>ttabel (3,870>2,0063) dengan db =54 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan perhitungan keefektifan relatif sebesar 52.937%. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh positif  yang signifikan  model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Siswa yang diajar dengan menggunakan model cooeperative tipe STAD hasil belajarnya lebih baik 52,93% dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model cooperative tipe STAD.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64169
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository