PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI KALISAT TAHUN AJARAN 2014-2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI IPS 3 di SMAN Kalisat tahun ajaran 2014/2015 melalui "Penerapan Metode Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik”. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas di mulai dari bulan Februari sampai bulan April 2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 dengan jumlah 37 peserta didik. Indikator dalam penelitian ini adalah hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik, hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor peserta didik kelas XI IPS 3 di SMAN Kalisat meningkat yaitu pada siklus I 71,9% meningkat 10,1% dari hasil belajar kogitif pra siklus 65,4%. Pada siklus II 78,1% meningkat 8,6% dari hasil belajar kogitif siklus I. Pada siklus III 80,2% meningkat 2,6% dari hasil belajar kogitif siklus II. Aspek psikomotorik pada siklus 1 memperoleh persentase 63,19%, pada siklus 2 memperoleh persentase 73,14%, pada siklus 3 memperoleh persentase 76,62%. Peningkatan aspek psikomotorik dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9,95%, dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 3,48%. Berdasarkan deskripsi di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kalisat.
Collections
- SRA-Education [1352]