Penerapan Metode Acrostic
View/ Open
Date
2014Author
Siti Lailatus Saadah
Arju Mutiah
Furoidatul Husniah
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi melalui penerapan metode acrostic. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, yakni siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi yang dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus II yang sudah mengalami peningkatan dibandingkan siklus I dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 80, yakni 81,62 dibandingkan siklus I 79,78. Sebelum dilaksanakan tindakan, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (24,1%) dan 22 siswa (75,9%) belum tuntas. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat, yakni 17 siswa (60,71%) tuntas dan 11 siswa (39,29%) belum tuntas. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 29 siswa (100%). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode acrostic dapat meningkatkan kemampuan mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Jember
Collections
- SRA-Education [1352]