• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT)

    Thumbnail
    View/Open
    SEFTYA AYU SURYANINGTYAS.pdf (304.6Kb)
    Date
    2014
    Author
    Seftya Ayu S
    Misno A. Latief
    Chumi Zahroul F.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi IV Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SDN Sukorambi IV Jember. Hal ini dikarenakan hasil belajar mengajar guru belum maksimal. Komunikasi dan interaksi antar guru dan murid maupun antar murid sendiri yang berhubungan dengan pembelajaran sedang berlangsung masih kurang aktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 20,46% (tidak aktif) kemudian siklus I sebesar 50,95% (kurang aktif) kemudian meningkat pada siklus II dengan menunjukkan peningkatan sebesar 68,95% (aktif). Peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap pra siklus sebesar 62,76% (cukup baik), siklus I meningkat menjadi 68,70% (cukup baik ) dan siklus II sebesar 73,91% (baik).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64073
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository