Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Ekspositori Siswa Kelas IVA dan IVB SDN 1 Cluring Banyuwangi melalui Media Nyata dan Media Gambar Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Lestari, SudarsrI
Satrijono, Hari
Suhartiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengatasi permasalahan dan menemukan media yang tepat untuk
pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Tujuan khusus dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan
siswa dalam menulis paragraf deskripsi ekspositori melalui media nyata dengan media gambar pada siswa kelas IVA dan IVB
SDN 1 Cluring. Setelah tindakan dilakukan dengan menerapkan media nyata dan media gambar dalam pembelajaran menulis
paragraf deskripsi ekspositori, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pada kelas eksperimen, jumlah siswa yang
memperoleh kategori nilai sangat baik sebanyak 21 siswa dan yang mendapat nilai baik sebanyak 13 siswa. Pada kelas
kontrol, jumlah siswa yang memperoleh kategori nilai baik sebanyak 3 siswa dan yang mendapat cukup baik sebanyak 24
siswa, dan 7 siswa mendapat nilai kurang baik. Hasil menulis paragraf deskripsi ekspositori di analisis menggunakan uji-t
dengan hasil uji-t =18,79, sedangkan nilai t tabel dengan db=66 adalah 1,998, sehingga t hitung>t tabel . Dapat disimpulkan
bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan media nyata dengan media gambar terhadap kemampuan menulis
paragraf deskripsi ekspositori siswa kelas IVA dan IVB.
Collections
- SRA-Education [1352]