Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Pembelajaran IPA di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi lebih sering menggunakan metode cceramah dan belum pernah
menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa, oleh sebab itu diterapkan pembelajaran menggunakan metode eksperimen di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi dengan
subjek berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode eksperimen adalah salah satu
metode yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins. Hasil observasi menunjukkan
persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75% (kategori aktif) meningkat pada siklus II sebesar
72,50% (kategori aktif), sehingga meningkat sebesar 3,75%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil
belajar siswa pada siklus I sebesar 85,81 dan pada siklus II sebesar 86,50 sehingga mengalami peningkatan sebesar 0,69.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI
pokok bahasan konduktor dan isolator di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi.
Collections
- SRA-Education [1352]