Kalimat Tidak Efektif Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPA 2 MAN 1 Jember
View/ Open
Date
2013Author
GUNAWAN, Abdul Waris
PARTO
WIDJAJANTI, Anita
Metadata
Show full item recordAbstract
Kalimat adalah gabungan dari dua buah kata atau lebih yang menghasilkan suatu pengertian dan pola intonasi akhir.
Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang tidak sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang telah ditentukan sehingga tidak
mampu membuat isi atau maksud yang disampaikan itu tergambar jelas dalam pikiran lawan bicara. Karangan deskripsi
adalah tulisan yang berusaha memberikan perincian atau melukiskan dan mengemukakan objek yang sedang dibicarakan
(seperti orang, tempat, suasana atau hal lain). Karangan jenis ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga
pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut. Penggunaan kalimat yang efektif dalam karangan
deskripsi siswa sangat penting. Keefektifan kalimat dalam karangan deskripsi meliputi kelogisan, kehematan, kepaduan,
dan kecermatan kalimat. Dari hasil observasi yang dilakukan, masih terdapat kekurangefektifan kalimat dalam karangan
deskripsi yang ditulis siswa kelas XI IPA 2 MAN Jember 1. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini mengambil
karangan deskripsi yang ditulis siswa kelas XI IPA 2 MAN Jember 1 sebagai objek penelitian. Kajian pada penelitian ini
terdiri atas empat rumusan masalah, yaitu (1) bagaimanakah ketidaklogisan kalimat dalam karangan siswa kelas XI IPA 2
MAN Jember 1, (2) bagaimanakah ketidakhematan kalimat dalam karangan siswa kelas XI IPA 2 MAN Jember 1, (3)
bagaimanakah ketidakpaduan kalimat dalam karangan siswa kelas XI IPA 2 MAN Jember 1, (4) bagaimanakah
ketidakcermatan kalimat dalam karangan siswa kelas XI IPA 2 MAN Jember 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan proses analisis data terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara
bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri atas tiga
tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam karangan siswa
kelas XI IPA 2 MAN Jember 1 terdapat penggunaan kalimat tidak efektif. Penggunaan kalimat tdak efektif meliputi
penggunaan kalimat tidak logis, tidak hemat, tidak padu, dan tidak cermat.
Collections
- SRA-Education [1352]