Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada Toko Busana Muslim “TITI” Jalan Arowana Jember
View/ Open
Date
2014Author
Dewi Tiasih, Ika
Sularso, Andi
Irawan, Bambang
Metadata
Show full item recordAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh relationship marketing yang berbasis konsep pengaruh langsung dan tidak langsung relationship marketing terhadap kepuasan serta loyalitas pelanggan. Populasi penelitian ini adalah konsumen Toko Baju Busana Muslim “TITI” Jalan Arowana Jember yang pernah melakukan proses pembelian. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 90 responden. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation model (SEM). Metode ini dilakukan dengan menggambil orang-orang yang terpilih betul oleh peneliti menurut ciri-ciri khusus yang di miliki sample itu. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa relationship marketing berbasis konsep pengaruh langsung dan tidak langsung serta berpengaruh signifikan yang merujuk pada variabel kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.