IMPLEMENTASI MODEL SEQIP DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V SDN 4 ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Pembelajaran model SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja dilaksanakan di SDN 4
Asembagus pokok bahasan Proses Pembentukan Tanah. Model SEQIP digunakan untuk mengatasi masalah belajar di kelas
V SDN 4 Asembagus. pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA siswa kelas V SDN 4 Asembagus. hasil evaluasi yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase ketuntasan
hasil belajar siswa kelas V sebelum penelitian dengan Siklus I mengalami peningkatan sebesar 15%, yaitu dari 55,8%
menjadi 70,8%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 70. Dari hasil evaluasi siklus I
didapatkan sebanyak 3 siswa memperoleh nilai tertinggi dengan nilai 100, sedangkan 3 siswa memperoleh nilai terendah
dengan nilai 40. Demikian juga pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,2%, yaitu dari 70,8% menjadi 95%.
Perolehan ketuntasan belajar pada siklus II telah memenuhi target yang ditetapkan dalam indikator keberhasilan. dengan
minimal 85% siswa mendapat nilai > 65 pada hasil tes siswa. Menurut kriteria ketuntasan minimum SDN 4 Asembagus
tahun pelajaran 2012/2013 daya serap (klasikal) siswa dinyatakan tuntas jika mencapai ≥65. Berdasarkan kriteria
ketuntasan yang telah ditentukan oleh sekolah tersebut, maka daya serap siswa secara klasikal dinyatakan tuntas.
Collections
- SRA-Education [1352]