Analisis Informasi Akuntansi dan Non Akuntansi terhadap Harga Saham Initial Public Offering Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan untuk menguji pengaruh faktor-faktor informasi akuntansi (ukuran perusahaan (size), Leverage, dan ROE) dan non akuntansi akuntansi (umur perusahaan, reputasi auditor) terhadap harga saham Initial Public Offering (IPO). Populasi dari penelitian adalah seluruh perusahaan yang melakukan Initial Publicc Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2012. Dengan menggunakan metode purposive sampling, yang mana diperoleh sampel sebanyak 66 perusahaan dari 69 perusahaan yang melakukan penawaran perdana saham atau Initial Public Offering. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa informasi akuntansi yang berupa leverage dan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap harga saham Initial Public Offering, sedangkan ukuran perusahaan (size) menunjukkan bahwa tidak berpengaruh terhadap harga saham Initial Public Offering. Untuk informasi non akuntansi yang menunjukkan berpengaruh terhadap harga saham Initial Public Offering yaitu reputasi auditor, sementara umur perusahaan menunjukkan bahwa tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham Initial Public Offering.