• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Keperluan Sehari-hari Subtema Jenis-jenis Pekerjaan di

    Thumbnail
    View/Open
    RATNA PUJI ANJANI.pdf (265.8Kb)
    Date
    2015
    Author
    ANJANI, Ratna Puji
    MASYHUD, M. Sulthon
    FITRIYAH, Chumi Zahroul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif di dalam kelas serta hasil belajar yang kurang optimal. Metode Role Playing merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan potensi siswa memahami pembelajaran melalui sarana yang menyenangkan sehingga merangsang siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas III SDN Dabasah 3 Bondowoso yang yang masing-masing berjumlah berjumlah 29 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-postest control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen 13,09 dan kelas kontrol sebesar 7,57 yang kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga diperoleh t-hitung= 3,629 dengan keefektifan relatif sebesar 53,49%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t-test > t-tabel (3,629 > 2,003), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63763
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository