• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan

    Thumbnail
    View/Open
    PUTRI NUR LAILY RAHMAWATI.pdf (265.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    Putri Nur Laily Rahmawati
    Imam Muchtar
    Yayuk Mardiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SD Darul Hikmah Kranjingan Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jumlah siswa kelas V adalah 14 orang. Jumlah siswa laki-laki ada 6 siswa, dan siswa perempuan ada 8 siswa. Kondisi awal yang diperoleh peneliti, guru masih menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional (ceramah, tanya jawab, dan diskusi) serta belum pernah menggunakan metode problem solving dalam proses pembelajaran PKn. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode problem solving dalam pembelajaran PKn pokok bahasan menghargai keputusan bersama di SD Darul Hikmah Kranjingan Jember tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Ada empat tahap dalam setiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa kelas V, pada siklus I perolehan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 74,64% termasuk pada kriteria aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,35% termasuk pada kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil analisis data mengenai hasil belajar siswa kelas V, skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 77,07 termasuk pada kriteria hasil belajar baik, sedangkan pada siklus II menjadi 86 skor termasuk pada kriteria hasil belajar sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63739
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository