Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind
View/
Date
2015Author
Nikmatul Fitriyah
Sulifah Aprilya Hariani
Kamalia Fikri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  model  pembelajaran  Creative  Problem  Solving  dengan  Mind
Mapping  terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar  IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember.
Bentuk penelitian ini adalah  quasi eksperimen  (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, wawancara, dan metode tes (pretest dan postest desain), pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen¸
subyek dipilih secara  clustering random dengan nilai rerata yang berdekatan antar semua kelas. Data yang diperoleh
dianalisis dengan statistik Anakova dan Uji  Independent Sample T-Test. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh
model pembelajaran  Creative Problem Solving  dengan  Mind Mapping  terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil
belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember tahun pelajaran 2014/2015.
Collections
- SRA-Education [1352]
