Pengaruh Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Anak Siswa Kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto menggunakan kurikulum 2013 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca pemahaman cerita anak tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 41 siswa yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas eksperimen adalah 25,65. Selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas kontrol sebesar 11,47. Kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 16.00 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 11,295 > 2,01995, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca pemahaman cerita anak tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto
Collections
- SRA-Education [1352]