• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMASARAN PRODUK INDUSTRI KERAJINAN SHUTTELCOCK DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN HIDUP USAHA

    Thumbnail
    View/Open
    MUSTIKA DEWI.pdf (257.1Kb)
    Date
    2014
    Author
    Mustika Dewi
    Retna Ngesti Sedyati
    Sutrisno Djaja
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk industri kerajinan shuttelcock dalam mempertahankan kelangsungan hidup usaha di Desa Sumengko, Sukomoro Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Metode penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang didasarkan atas kriteria lama usahanya. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam(indepth interview), observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan diuji keabsahannya melalui teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri shuttelcock UD.Mustika dalam menerapkan strategi pemasaran produknya dengan melakukan segmentasi pasar, targeting dan positioning. Segmentasi pasar yang dilakukan yaitu perusahaan menerapkan segmentasi berdasarkan variabel geografi dengan memfokuskan wilayah/kota besar yang sering diadakan pertandingan olahraga badminton sedangkan segmentasi perilakunya yaitu diperuntukkan bagi atlit. Perusahaan memilih target pasarnya yaitu masyarakat umum dari anak-anak,remaja dan dewasa baik atlit badminton maupun masyarakat yang menggemari olahraga badminton. selanjutnya perusahaan melakukan positioning dengan cara menempatkan produk berkualitas kepada konsumen dengan mencantumkan slogan “ The Best Goose Feather shuttlecock for training and match” dan “ Mensana Incorpores “ pada kemasan produknya. Pada Penerapan strategi pemasaran ini perusahaan juga merancang teknik bauran pemasaran yang terdiri atas 4 variabel yaitu Product,Price,Promotion dan Place. Hal ini dilakukan perusahaan untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain dipasar, sehingga perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63663
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository