Pembentukan Karakter Konsisten dan Teliti Siswa SMP Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Lesson Study Pada Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX C SMP Negeri 2 Panti Tahun Ajaran 2014/2015
View/ Open
Date
2015Author
Miftahul Ayu Nurliasih
Suharto
Dian Kurniati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pembentukan karakter konsisten dan teliti siswa SMP dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Lesson Study pada materi tabung kelas IX C SMP Negeri 2 Panti. Dan untuk mengetahui tingkatn karakter konsisten dan teliti siswa SMP dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Lesson Study pada materi tabung kelas IX C SMP Negeri 2 Panti. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kerja siswa dan lembar observasi karakter siswa. Berdasarkan hasil analisis data, tingkat karakter konsisten dan teliti siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan dan penurunan. Persentase karakter konsisten dan teliti siswa pada siklus pertama adalah 60% dan 68%. Pada siklus kedua, 47,57% untuk karakter konsisten dan 38,9% untuk karakter teliti. Kemudian pada siklus ketiga, persentase karakter konsisten dan teliti siswa mengalami peningkatan dari pada siklus dua dan tiga yaitu 58,7% dan 86,5%. Secara keseluruhan, tingkat karakter konsisten dan teliti siswa pada penelitian ini adalah cukup konsisten dan teliti.
Collections
- SRA-Education [1352]