Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil
View/ Open
Date
2015Author
NURUL UMAMAH,
Lyndha Maulina Dwijayanti,
Moh. Na'im
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan pembelajaran sejarah yaitu peserta didik dapat berpikir sistematis dan runtut atas peristiwa masa lampau. Faktanya peserta didik cenderung pasif, kemampuan berpikir kritis kurang sehingga hasil belajar rendah. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan melalui penerapan pendekatan scientific dengan metode inquiry. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tenggarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 7,14% dengan kategori cukup baik, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 14,01% dengan kategori baik. Hasil belajar aspek kognitif dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 16,66%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 19,04%. Hasil belajar aspek psikomotor dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 8,26%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 8,29%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific dengan metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tenggarang.
Collections
- SRA-Education [1352]