Model Pembelajaran Inquiry Training Disertai Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika Di SMK Negeri 1 Panji
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Panji dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep di SMK Negeri 1 Panji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control group. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk kompetensi pengetahuan diperoleh nilai sig 0,021. Independent-Sample T-test untuk kompetensi keterampilan diperoleh nilai sig 0,0015. Independent-Sample T-test untuk kompetensi sikap diperoleh nilai sig 0,015. Persentase aktivitas belajar siswa yaitu 77,47%. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model inquiry training berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Panji. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep termasuk dalam kategori aktif.
Collections
- SRA-Education [1352]