PENGARUH CUSTOMER INTIMACYTERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK
Abstract
Customer Intimacymerupakan strategi populer yang digunakan oleh perbankan karena strategi ini
merupakan strategi yang mampu menarik dan menjaga hubungan jangka panjang dengan para nasabahnya,
strategi Customer Intimacy juga yang dapat membedakan proses suatu pelayanan suatu perbankan walaupun
menggunakan sistem yang sama yaitu syariat islam. Strategi Customer Intimacy yang digunakan BRI Syariah
cabang Jember untuk menarik dan menjaga hubungan dalam jangka panjang agar nasabah tetap loyal dan
percaya terhadap BRI Syariah cabang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh signifikan Customer Intimacy
terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode
purposive areayaitu di BRI Syariah Cabang Jember. Untuk menentukan responden penelitian menggunakan
metode simple random samplingyaitu sebanyak 97 responden yaitu nasabah BRI Syariah iB yang aktif dan
hanya memiliki tabungan BRI Syariah iB di cabang Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri
dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis inferensial
(yang terdiri: analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas garis regresi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Costumer Intimacymemiliki pengaruh yang signifikan terhadap
loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F
yaitu F
hitung
= 371,409 > F
tabel
= 3,941 dengan tingkat signifikan F = 0,000 < α = 0,05. dan koefisien
determinasi (R
square
) sebesar 79,6%. sedangkan sisanya yaitu 20,4% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang
tidak diteliti yaitu variabel produk, promosi, komitmen dan sebagainya. Diharapkan BRI Syariah cabang
Jember dapat meningkatkan kualitas pelayanan customer intimacy untuk menarik dan menjaga hubungan
dalam jangka panjang dan diharapkan dapat menerapkan seluruh komponen variabel customer intimacy yang
meliputi indikator produk, promosi, komitmen agar nasabah tetap loyal dan percaya terhadap BRI Syariah
Collections
- SRA-Education [1352]