Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Pembelajaran tematik di SDN Sidomukti 1 Probolinggo lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi dan belum pernah menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu diterapkan pembelajaran menggunakan metode role playing di SDN Sidomukti 1 Probolinggo dengan subjek berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode role playing adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 44,16% (kategori kurang aktif), mengalami peningkatan sebesar 15,83% pada siklus 1. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,99% (kategori cukup aktif) meningkat pada siklus II sebesar 71,10% (kategori aktif), sehingga meningkat sebesar 11,12%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65,06 meningkat sebesar 5,48 pada siklus 1. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 70,54 meningkat sebesar 6,42 dan pada siklus II sebesar 76,97. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema berbagai pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo.
Collections
- SRA-Education [1352]