Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Tangsil Kulon 02
Bondowoso dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Model pembelajaran CLIS
adalah sebuah model pembelajaran yang berdasarkan pada pendekatan konstruktivisme dan pembelajaran berpusat pada
siswa. Siswa dituntun untuk menemukan konsep IPA melalui pengalaman, pengetahuan, dan konsep-konsep IPA dengan
melakukan percobaan yang telah dilakukan bersama kelompok mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 17 laki-laki dan 5
perempuan. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, aktivitas siswa
pada siklus I sebesar 54,54% dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga menjadi 95,45%. Hasil belajar siswa pada
siklus I sebesar 68,18% dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga menjadi 81,82%.
Collections
- SRA-Education [1352]