HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND
Abstract
Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time)  adalah suatu pendekatan pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini
yang memperhatikan kebutuhan dan minat anak sehingga anak bebas bereksplorasi untuk mengembangkan seluruh aspek
kecerdasan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Hubungan Antara Penerapan Metode BCCT
(Beyond Centers And Circle Time)Dengan Perkembangan Motorik  Kasar Anak Usia3-4 Tahun Di PAUD Tunas Bangsa
Bondowos Tahun 2014/2015.  Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kepustakaan.
Analisis data yaitu dengan menggunakankorelasi tata jenjang. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan sangat
kuat yang diperoleh pada penerapan metode BCCT  (Beyond Centers And Circle Time) dengan perkembangan motorik
kasar  anak   yaitu  sebesar  0.913  yang  terdapat  pada  aspek  berjalan  sambil  berjinjit,  melayang  sesaat  di  udara,  dan
mempertahankan seluruh tubuh sedangkan pada hasil korelasi total sebesar 0.924. Dapat disimpulkan  bahwa r hitung
berada  di  atas  r  tabel  yang  dikatakan  terdapat  hubungan  yang  sangat  kuat  pada  penerapan  metode  BCCT  dengan
perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PAUD Tunas Bangsa Bondowoso tahun 2014/2015
Collections
- SRA-Education [1352]