Penerapan Teori Bruner pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Jaring-jaring Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 09 Kembiritan Banyuwangi
Abstract
Pembelajaran MATEMATIKA di SDN 9 Kembiritan Banyuwangi lebih sering menggunakan metode ceramah dan belum pernah menerapkan teori Bruner dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu diterapkan pembelajaran menggunakan teori Bruner di SDN 9 Kembiritan Banyuwangi dengan subjek berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teori Bruner adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57,45% (kategori cukup aktif) meningkat pada siklus II sebesar 73,56% (kategori aktif), sehingga meningkat sebesar 16,11%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus II sebesar 74 sehingga mengalami peningkatan sebesar 3. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar MATEMATIKA siswa kelas IV pokok bahasan jaring-jaring Kubus dan Balok di SDN 9 Kembiritan Banyuwangi.
Collections
- SRA-Education [1352]