Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang Tahun Ajaran 2013/2014
View/ Open
Date
2014Author
Mochamad Yurfan Jauhari, Jauhari
Hari Satrijono
Nanik Yuliati, Yuliati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang dengan tujuan secara umum dalam menerapkan metode PQ4R agar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jambekumbu 01 Lumajang. Hal ini dikarenakan kemampuan membaca pemahaman siswa termasuk dalam kriteria cukup baik. Alternatif yang cukup efektif adalah melalui metode PQ4R. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode PQ4R cukup efektif. Terbukti dalam pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2. Siswa terlihat lebih kritis dan cepat tanggap terhadap apa yang mereka baca. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I 70 (kriteria baik), mengalami peningkatan 11,67 pada siklus II menjadi 81,67 (kriteria sangat baik).
Collections
- SRA-Education [1352]