Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together(NHT) dengan Whole Brain Teaching(WBT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapan pembelajaran Numbered Head Together dengan Whole Brain Teaching. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus pertama materi pembelajaran prisma dan limas luas permukaan. Sedangkan pada siklus kedua adalah volume prisma dan limas. Metode Whole Brain Teaching pada penelitian ini, ada enam gerakan (gesture) baru yakni prisma, limas, luas alas, keliling alas, bidang tegak, dan sepertiga. Dan empat gerakan lainnya adalah pengembangan dari peneliti sebelumnya yaitu kali, dua, tinggi, dan tambah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa memperoleh presentase 74,39% pada siklus I dan 86.67% pada siklus kedua, aktivitas kegiatan guru menunjukkan presentase 86, 89% di siklus pertama dan 93,85% pada siklus kedua, dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa presentase 79 , 9% di siklus pertama dan 88,7% pada siklus kedua. Bedasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Numbered Head Together dengan Whole Brain Teaching mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]