PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DALAM MENGINTEGRASIKAN PEMBELAJARAN MATHEMATICAL LITERACY KE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013
Abstract
Salah satu alasan munculnya kurikulum 2013 adalah untuk menjawab perkembangan dan kebutuhan dunia. Kurikulum 2013 menekankan penerapan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific. Dengan demikian diharapkan kelak siswa dapat menggunakan pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari mereka. Tujuan ini, dalam matematika dipandang sebagai kemampuan yang disebut dengan mathematical literacy. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan SDM Indonesia maka dapat dilakukan pengintegrasian pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013 dengan pembelajaran mathematical literacy. Akan tetapi, sebelumnya perlu untuk terlebih dahulu menggali potensi dan kesiapan atau kompetensi guru terkait dengan pengintegrasian pembelajaran mathematical literacy tersebut. Pembelajaan yang optimal hanya akan tercapai jika guru telah memiliki kompetensi cukup dalam mengajar. Untuk kepentingan tersebut dalam penelitian ini, dikembangkan instrumen untuk mengases kompetensi guru dalam mengintegrasikan pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013 dengan pembelajaran mathematical literacy. Instrumen yang telah dikembangkan mencakup empat jenis instrumen yaitu angket guru (AGPML), angket siswa (ASKG), tes mathematical literacy guru (TML) dan tes kemampuan pedagogik guru (TP3ML).
Kata Kunci: Instrumen asesmen kompetensi guru, mathematical literacy, kurikulum 2013