Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Ekologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Mumbulsari Jember
View/ Open
Date
2014Author
Mafidatul Ilmi, Ilmi
Jekti Prihatin, Prihatin
Pujiastuti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendekatan saintifik merupakan suatu mekanisme untuk mendapatkan pengetahuan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kualitas bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan ekologi dan untuk mengetahui hasil uji coba bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Mumbulsari Jember. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku guru. Bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan Plomp. Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh tujuh orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli pengembangan, ahli bahasa, dan ahli media untuk menilai kualitas bahan ajar dan dua puluh enam siswa yang terlibat dalam uji coba bahan ajar untuk dilihat hasil belajarnya pada pokok bahasan ekologi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) buku siswa berbasis pendekatan saintifik mendapatkan nilai rata-rata 81.63 dari seluruh validator dengan kategori sangat baik, 2) buku guru berbasis pendekatan saintifik mendapatkan nilai rata-rata 78.58 dari seluruh validator dengan kategori sangat baik, 3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 36.92 dengan rata-rata hasil uji normalized gain sebesar 0.59 dengan kriteria sedang.
Collections
- SRA-Education [1352]