• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS

    Thumbnail
    View/Open
    LUTFIA AZIZ.pdf (267.9Kb)
    Date
    2014
    Author
    Lutfia Aziz, Aziz
    Arju Muti'ah, Muti'ah
    Rusdhianti Wuryaningrum, Wuryaningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan membawakan acara merupakan kemampuan yang perlu dimiliki siswa. Kenyataan yang ada di SMPN 1 Rambipuji Jember berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa, rata-rata tiap tahunnya siswa mengalami kesulitan dalam membawakan acara. Hasil wawancara tersebut diperkuat dengan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIII A. Berdasarkan observasi, dapat diketahui siswa kurang memperhatikan kriteria membawakan acara yang mencakup aspek kebahasaan (lafal, diksi, dan intonasi) dan aspek nonkebahasaan (kelancaran, sikap, gerak, dan olah suara) saat membawakan acara. Nilai rata-rata siswa 69,51 dan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 60,00. Untuk menangani masalah tersebut, maka dipilih metode practice rehearsal pairs (PRP). Metode PRP merupakan metode untuk melatih kecakapan atau keterampilan siswa melalui kegiatan praktik berpasangan. Metode PRP digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII A SMPN 1 Rambipuji dalam membawakan acara.  Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) penerapan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni wawancara, observasi, catatan lapangan,  tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membawakan acara meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar secara klasikal  dari 76,58 pada siklus I  menjadi 82,95 pada siklus II. Jumlah siswa yang dapat mencapai KKM pada siklus I sebanyak 60,52% atau sebanyak 23 siswa. Pada siklus II, jumlah siswa yang dapat mencapai KKM sebanyak 84,22% atau sebanyak 32  siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penereapan metode PRP dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membawakan acara.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63404
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository