• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MA NAHDLATUL ARIFIN

    Thumbnail
    View/Open
    LUHLUL KUSTIYANI.pdf (264.8Kb)
    Date
    2014
    Author
    Luhlul Kustiyani, Kustiyani
    Susanto
    Susi Setiawani, Setiawani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesulitan belajar mata pelajaran Matematika disebabkan oleh faktor-faktor yang berasal baik dari dalam diri siswa (internal) dari luar diri siswa (eksternal). Faktor internal yang dapat menyebabkan kesulitan belajar di antaranya karena faktor kesehatan, ketidak sempurnaan fisik, intelegensi, minat, motivasi, konsentrasi, dan kebiasaan belajar. Sedangkan faktor eksternal di antaranya karena pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran Matematika siswa MA Nahdlatul Arifin Ambulu Jember tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menyatakan bahwa: faktor biologis diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 15 siswa atau 19 % dari sampel, 37 siswa atau 47 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor psikologis diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 10 siswa atau 13 % dari sampel, 49 siswa atau 63 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan sekolah diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 14 siswa atau 18 % dari sampel, 47 siswa atau 60 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan keluarga diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 15 siswa atau 19 % dari sampel, 48 siswa atau 62 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan masyarakat diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 14 siswa atau 18 %, 39 siswa atau 50 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63400
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository