Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan
View/ Open
Date
2014Author
Lita Dwi Yuliastutik, Yuliastutik
Suhartiningsih
Misno A. Latief, Latief
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bulang II probolinggo dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar
keterampilan menulis puisi melalui pemanfaatan media alam sekitar. Permasalahan yang menjadi latar belakang
diadakannya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan pengalaman siswa dalam membat puisi terutama
dalam pemilihan kata, serta menentukan ide untuk dijadikan suatu karya sastra puisi sehingga hasil belajar siswa
tergolong masih kurang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri
dari 23 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan pemanfaatan alam sekitar sebagai media pembelajaran berlangsung
sebanyak dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Skor hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 58,35 dan skor hasil belajar siswa
siklus 2 sebesar 70,9 sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat sebesar 12,55. Berdasarkan
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan alam sekitar sebagai media pembelajaran dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bulang II Probolinggo.
Collections
- SRA-Education [1352]