Meningkatkan Keterampilan Mengarang dengan Menggunakan Media Buku Curhat pada Siswa Kelas IVB SDN Tamanan 2 Bondowoso
View/ Open
Date
2014Author
Lana Nailul Izza, Izza
Khutobah
Suhartiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan mengarang dengan menggunakan media Buku Curhat pada siswa kelas IVB. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media pembelajaran, kemampuan menulis siswa yang masih rendah, khususnya dalam menuliskan pengalaman secara runtut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media Buku Curhat selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengarang siswa kelas IVB di SDN Tamanan 2 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan kemampuan mengarang siswa dilihat dari hasil mengarang yaitu sebesar 63,33% dan siklus 2 mencapai 90%. Peningkatan kemampuan mengarang siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 26,67%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penggunaan media Buku Curhat dapat meningkatkan keterampilan mengarang siswa kelas IVB SDN Tamanan 2 Bondowoso.
Collections
- SRA-Education [1352]