Implementasi Metode Perubahan Konseptual dalam Setting Model Learning Cycle 5E pada Subpokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Kubus
View/ Open
Date
2014Author
NILNA, Labibah F
NILNA, Labibah F
SUSANTO
SETIAWANI, Susi
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merubah konseptual siswa pada subpokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII A SMP Negeri 1 Jelbuk. Penelitian ini menggunakan metode perubahan konseptual dalam setting model learning cycle 5E. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran, ada dua pertemuan pada setiap siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dianalasis adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, perubahan konsep siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yang konsisten dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir. Berdasarkan analisis tes konsep siswa dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Sedangkan analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa hasil dari tes akhir siklus II meningkat dibandingkan dengan siklus I.
Collections
- SRA-Education [1352]