TINDAK ADVISORIS GURU DALAM PEMBELAJARAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 CANDIPURO
View/ Open
Date
2014Author
Ita Ayu Mandasari Wibowo, Wibowo
Arju Muti'ah, Muti'ah
Rusdhianti Wuryaningrum, Wuryaningrum
Metadata
Show full item recordAbstract
Tindak tutur yang diujarkan guru dalam pembelajaran bimbingan konseling bermacam-macam. Keanekaragaman tindak tutur tersebut dipengaruhi oleh konteks situasi dan psikologis penutur. Salah satu bentuk tindak tutur yang digunakan adalah tindak advisoris. Setiap jenis tindak advisoris selalu ada motif atau dorongan yang melatarbelakangi. Motif tersebut dapat berupa motif dari dalam diri penutur (motif personal) atau dari luar diri penutur (motif situasional). Selain itu, jika dilihat berdasarkan cara pengekspresiannya, seorang penutur (guru) biasanya menggunakan strategi tindak tutur yang berbeda-beda agar tuturan dapat diterima dan dipahami oleh mitra tutur. Pembahasan tentang jenis, motif dan strategi tindak tutur dalam kajian tindak advisoris saling berhubungan dan menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis, strategi berdasarkan cara pengekspresian, dan motif tindak advisoris guru bimbingan konseling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan lisan beserta konteksnya yang dilakukan oleh guru bimbingan konselingdi SMP Negeri 1 Candipuro. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, melalui teknik simak catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan ada empat jenis tindak advisoris yaitu menasihatkan, menyarankan, mendorong, dan mengingatkan, dengan menggunakan dua strategi cara pengekspresian yaitu langsung literal, tidak langsung literal, serta ada dua motif yang melatarbelakangi yaitu personal dan situasional. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tindak advisoris digunakan oleh guru sebagai sarana untuk menjalankan fungsi guru bimbingan konseling.
Collections
- SRA-Education [1352]