• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK ADVISORIS GURU DALAM PEMBELAJARAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 CANDIPURO

    Thumbnail
    View/Open
    ITA AYU MANDASARI WIBOWO.pdf (277.9Kb)
    Date
    2014
    Author
    Ita Ayu Mandasari Wibowo, Wibowo
    Arju Muti'ah, Muti'ah
    Rusdhianti Wuryaningrum, Wuryaningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tindak tutur yang diujarkan guru dalam pembelajaran bimbingan konseling bermacam-macam. Keanekaragaman tindak tutur tersebut dipengaruhi oleh konteks situasi dan psikologis penutur. Salah satu bentuk tindak tutur yang digunakan adalah tindak advisoris. Setiap jenis tindak advisoris selalu ada motif atau dorongan yang melatarbelakangi. Motif tersebut dapat berupa motif dari dalam diri penutur (motif personal) atau dari luar diri penutur (motif situasional). Selain itu, jika dilihat berdasarkan cara pengekspresiannya, seorang penutur (guru) biasanya menggunakan strategi tindak tutur yang berbeda-beda agar tuturan dapat diterima dan dipahami oleh mitra tutur. Pembahasan tentang jenis, motif dan strategi tindak tutur dalam kajian tindak advisoris saling berhubungan dan menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis, strategi berdasarkan cara pengekspresian, dan motif tindak advisoris guru bimbingan konseling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan lisan beserta konteksnya yang dilakukan oleh guru bimbingan konselingdi SMP Negeri 1 Candipuro. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, melalui teknik simak catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan ada empat jenis tindak advisoris yaitu menasihatkan, menyarankan, mendorong, dan mengingatkan, dengan menggunakan dua strategi cara pengekspresian yaitu langsung literal, tidak langsung literal, serta ada dua motif yang melatarbelakangi yaitu personal dan situasional. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tindak advisoris digunakan oleh guru sebagai sarana untuk menjalankan fungsi guru bimbingan konseling.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63364
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository